Sering kali kita bingung menentukan beriklan di facebook atau google, apalagi baru menjalankan bisnisnya via online, beberapa pendapat kalau facebook ads dan google adwords itu berlawanan. kedua persaingan yang sudah lama berdiri ini sering didramatisasi oleh media teknologi, dianggap sebagai persaingan yang tak terbantahkan kalau kedua platform ini bersaing satu sama lain.

Meskipun kedua platform ini saling bersaing, banyak para pelaku bisnis menggunakan keduanya untuk mendapatkan trafik, branding, dan penjualan.

Jika Anda bingung harus memilih yang mana, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana iklan facebook dan google bekerja, dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya sebagai bagian dari strategi pemasaran digital Anda yang lebih luas.

Apa Bedanya Google adwords dan Facebook Ads ?

Sebelum melihat keunggulan berbagai fitur keduanya ini, penting untuk memahami perbedaan utama kedua platform ini.

Google AdWords: Penelusuran Berbayar

Google AdWords adalah platform periklanan PPC terbesar dan terpopuler di dunia . AdWords begitu banyak digunakan, ini telah menjadi identik dengan istilah “penelusuran berbayar” (Paid Search). Kedua istilah tersebut digunakan secara bergantian, meskipun platform lain seperti Iklan Bing bekerja dengan cara yang serupa.

Paid Search berfokus pada penargetan kata kunci dan penggunaan iklan berbasis teks. Pengiklan yang menggunakan tawaran AdWords pada kata kunci, kata dan frasa spesifik yang disertakan dalam kueri (Kolom Pencarian) penelusuran yang dimasukkan oleh pengguna Google, dengan harapan iklan mereka akan ditampilkan di atas, atau di halaman pertama hasil penelusuran untuk kueri ini. Setiap kali pengguna mengklik iklan, pengiklan dikenakan sejumlah uang, maka disebut dengan “pay-per-klik iklan.”  Pada dasarnya, pengguna membayar potensi untuk menemukan pelanggan baru berdasarkan kata kunci dan istilah pencarian yang mereka masuki Google.

Facebook Ads : Paid Social

Iklan Facebook adalah contoh utama dari apa yang dikenal sebagai “Paid Social”, atau praktik periklanan di jejaring sosial. Facebook telah menjadi elemen strategi periklanan digital yang sangat kompetitif dan berpotensi menguntungkan.

Meskipun iklan di Facebook dapat dianggap sama dengan AdWords, namun pengiklan yang menggunakan kedua platform pada dasarnya mempromosikan bisnis mereka melalui Internet, dan berbayar 😃  inilah kemiripannya. Tidak seperti penelusuran berbayar, yang membantu bisnis menemukan pelanggan baru melalui kata kunci, sosial berbayar membantu pengguna menemukan bisnis berdasarkan hal-hal yang mereka minati dan cara mereka bersikap online.

Ketika sampai pada perbedaan utama antara Iklan Google AdWords dan Facebook yaitu :

AdWords membantu Anda menemukan pelanggan baru, sementara Facebook membantu pelanggan baru menemukan Anda.

Sekarang kita telah membahas perbedaan mendasar antara Google AdWords dan Iklan Facebook (atau pencarian berbayar dan sosial berbayar), mari kita periksa kekuatan masing-masing platform dan bagaimana alat pemasaran online ini dapat dimanfaatkan secara efektif.

Kekuatan dan Keuntungan Google AdWords

Sebagai mesin pencari terpopuler di dunia dan banyak digunakan, Google dianggap sebagai pemimpin de facto dalam periklanan online. Dengan mengumpulkan lebih dari 3,5 miliar kueri penelusuran setiap hari, Google menawarkan kepada pengiklan akses ke pemirsa potensial pengguna yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penawaran iklan Google dibagi di dua jaringan utama jaringan Penelusuran, dan jaringan Display (Display Network). Jaringan Penelusuran mencakup keseluruhan Google sebagai mesin telusur, dan pengiklan dapat menawar jutaan kata kunci dan frasa untuk menargetkan calon pelanggan.

Google Display Network, yang menawarkan iklan visual kepada pengiklan seperti banner, membentang sekitar 98% dari World Wide Web,iklan ini muncul di sidebar youtube, aplikasi dan blog atau website yang terdaftar google adsense. menjadikannya pilihan tepat bagi pengiklan yang ingin mencapai sasaran pemasaran yang tidak harus didorong konversi seperti yang dilakukan oleh Google. Iklan PPC yang seperti meningkatkan brand awareness .

Pemirsa yang Luar Biasa

Salah satu keuntungan utama penggunaan Google sebagai platform periklanan adalah jangkauannya yang luar biasa. Google menangani lebih dari 40.000 kueri penelusuran setiap detik , total lebih dari 1,2 triliun penelusuran web setiap tahun. Seiring Google menjadi semakin canggih, sebagian bergantung pada teknologi kecerdasan buatan dan teknologi pembelajaran proprietary miliknya, RankBrain – volume pencarian yang menakjubkan ini cenderung meningkat, bersamaan dengan potensi pengiklan yang menjangkau pelanggan baru.

Sederhananya, tidak ada mesin pencari lain yang bisa menawarkan khalayak potensial yang bisa Google Lakukan. Sumber calon pelanggan potensial yang luas ini membuat Google menjadi referensi yang sangat baik untuk strategi pemasaran digital Anda, namun bila digabungkan dengan hasil penelusuran Google yang semakin akurat, dan mudah. inilah sebabnya mengapa AdWords adalah platform PPC yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.

A Level Playing Field

Salah satu kesalahpahaman terbesar di antara orang-orang yang baru mengenal PPC adalah bahwa siapa pun yang memiliki anggaran iklan terbesar maka secara otomatis “menang” di iklan Google . Untungnya, hal ini sangat jauh dari kenyataanya karena AdWords berfokus terutama pada kualitas dan relevansi iklan, bukan berapa banyak uang pengiklan belanjakan.

Iklan yang lebih relevan adalah untuk pengguna, semakin baik pengalaman yang dimiliki pengguna  dan oleh karena itu semakin besar kemungkinan mereka untuk terus menggunakan Google sebagai mesin pencari go-to mereka. Untuk alasan ini, Google AdWords menghargai relevansi dan kualitas di atas semua faktor lainnya. Inilah sebabnya mengapa pengiklan cerdas dengan iklan berkualitas tinggi yang dioptimalkan dan jarang dioptimalkan dapat menawar dan penawaran pengiklan sama dengan iklan yang lebih buruk.

Kata kunci tertentu mungkin lebih mahal daripada yang lain ,seperti yang ada di industri keuangan, yang merupakan sektor tradisional yang paling mahal atau berapa banyak pengiklan yang harus tawaran akan sangat bergantung pada kualitas dan relevansi iklan mereka. Beberapa metrik lebih penting bagi Google dalam mengevaluasi kualitas dan relevansinya dibandingkan yang lain, seperti rasio klik-tayang , yang dianggap merupakan indikasi yang dapat diandalkan terhadap keseluruhan kualitas dan daya tarik iklan.

Beragam Format Iklan

Ketika AdWords pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 (dengan grand total hanya 350 pemasang iklan), iklan berbasis teks ini Google sajikan bersama hasil pencarian yang belum sempurna, tapi mereka tidak mengandung banyak unsur yang dapat dilihat Di iklan saat ini.

Meskipun iklan PPC di AdWords tetap berbasis teks, pengiklan dapat memanfaatkan sejumlah fitur yang luar biasa untuk membuat iklan mereka lebih menarik dan menarik bagi calon pelanggan. Ekstensi iklan, sitelinks, Social Proofing seperti ulasan pengguna (review User), penargetan lokasi, Shopping Ads, dan sejumlah fitur lainnya tersedia bagi pengiklan, menawarkan tingkat penyesuaian dan kontrol yang tak tertandingi kepada pengiklan. Google bahkan telah mengenalkan format iklan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik jenis bisnis tertentu, seperti produsen kendaraan dan hotel, yang jauh melampaui pengalaman iklan berbasis teks biasa dan menggabungkan elemen visual yang kaya seperti gambar beresolusi tinggi dan data peta interaktif.

Tidak masalah apa yang Anda jual atau kepada siapa, kemungkinannya bagus bahwa ada format iklan atau fitur yang akan membuat barang atau jasa Anda lebih menarik bagi target pasar Anda. Google terus menerapkan format dan fitur iklan baru, yang selanjutnya memberdayakan pengiklan untuk menjangkau khalayak baru dan mendorong bisnis baru.

Kekuatan dan Keuntungan Iklan Facebook

Dibandingkan dengan Google AdWords, Iklan Facebook (seperti yang kita kenal sekarang) adalah pendatang baru yang suka berkelahi, namun kenyataannya, Facebook telah memperbaiki dan memberikan solusi periklanannya selama beberapa tahun. Saat ini, Iklan Facebook adalah pelopor dalam bidang sosial berbayar dan telah menjadi bagian utama dari banyak strategi pemasaran digital bisnis.

Granularitas Pemirsa yang tak tertandingi

Sama halnya dengan Google AdWords, Facebook menawarkan khalayak global yang benar-benar luas. Dengan lebih dari 1,55 MILYAR pengguna aktif bulanan – lebih dari seperlima dari seluruh populasi dunia, dan itu tidak termasuk akun yang tidak aktif atau jarang digunakan – Facebook tidak memiliki saingan saat sampai pada besarnya pendengarnya. Namun, alih-alih memaparkan pengiklan dan pesan mereka kepada khalayak luas ini, kekuatan sesungguhnya dari khalayak Facebook yang hebat terletak pada perincian potensial dan pengiklan dapat menargetkan pengguna Facebook .

Orang-orang berbagi hampir semua detail yang mungkin ada tentang kehidupan mereka di Facebook. Dari pertemuan pernikahan dengan kelahiran anak-anak atau perayaan pindah karir baru, pengguna Facebook berbagi kegembiraan dan pencapaian tonggak kehidupan dengan teman dan jaringan mereka setiap hari. Mereka juga mencari dan mengkonsumsi konten yang sesuai dengan minat, keyakinan, ideologi, dan nilai pribadi, sehingga para pemasang iklan memiliki kesempatan unik untuk menyesuaikan pesan iklan dengan target pemirsa dengan cara yang sebelumnya dianggap tidak mungkin, atau bahkan tak terbayangkan.

Salah satu aplikasi yang paling kuat dari fungsi ini adalah kemampuan pengiklan untuk membuat apa yang dikenal sebagai ” pemirsa sejenis ” atau looklike audience. Pengiklan dapat mengunggah informasi pelanggan dari basis data mereka sendiri ke Facebook, yang kemudian menerapkan penyaringan berdasarkan data dan informasinya sendiri yang disediakan oleh Pialang data pihak ketiga untuk mencocokkan pengguna yang informasinya diunggah pengiklan. Ini menciptakan pemirsa pengguna “terlihat serupa”, yang memungkinkan pengiklan untuk secara efektif melipatgandakan potensi pencapaian iklan mereka dengan menargetkan pelanggan baru yang menunjukkan minat dan perilaku konsumen yang sama seperti pelanggan mereka yang ada.

Banyak pendatang baru yang membayar sosial mengajukan pertanyaan yang sama, yaitu ” Apakah iklan Facebook bekerja? “Sekarang, jawabannya harus jelas – ya memang begitu, dan sangat baik. Namun, daripada melihat Facebook sebagai papan iklan potensial terbesar di dunia, pengiklan harus menganggap Facebook sebagai cara untuk mendekati pelanggan ideal mereka daripada yang pernah mereka bayangkan.

Platform Visual yang Inheren

Tidak seperti sepupu PPC yang relatif biasa saja dan berbasis teks, iklan Facebook sangat visual. Iklan Facebook terbaik berbaur dengan video, gambar, dan konten visual lainnya dengan lancar di Umpan wall pengguna, dan ini memungkinkan pengiklan untuk memanfaatkan tidak hanya kualitas iklan visual yang sangat persuasif namun melakukannya dengan cara yang menyampaikan aspirasi. Pesan yang membuat iklan berkualitas tinggi jadi memikat.

Sama seperti Google terus-menerus bereksperimen dengan format iklan PPC berbasis teks, Facebook terus mengevaluasi bagaimana pengiklan dapat menawarkan platform pemasaran superior dan pengalaman online yang memuaskan dan memuaskan. Di masa lalu, Facebook mengamanatkan bahwa iklan di platformnya menampilkan teks yang menempati tidak lebih dari 20% dari total area iklan. Namun, terlepas dari perubahan besar pada tata kelola periklanannya, Facebook tetap merupakan platform visual yang inheren – sebuah titik penjualan besar bagi banyak pengiklan.

ROI yang luar biasa

Bisnis dan pemasar yang bereksperimen dengan Iklan Facebook seringkali terkesan dengan perincian pilihan penargetannya, serta alat yang mereka miliki untuk menciptakan iklan yang menarik dan menarik. Namun, salah satu elemen Iklan Facebook yang secara konsisten membawa pendatang terkejut adalah potensi pengembalian investasi yang ditawarkan iklan Facebook, dan bebrapa pengiklan yang paham mengenai facebook ads dapat merentangkan anggaran iklan terbatas di platform.

Meskipun anggaran kampanye iklan Facebook akan sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti cakupan, pesan, dan keseluruhan sasaran kampanye.

Iklan Facebook sangat terjangkau, terutama saat mempertimbangkan dampak potensial dan perincian yang dapat ditargetkan oleh pengiklan. Khalayak ideal Harga yang sangat kompetitif ini membuat Iklan Facebook menjadi proposisi yang sangat menarik bagi usaha kecil dan perusahaan dengan sumber daya terbatas. Facebook Ads adalah salah satu solusi periklanan online bernilai terbaik yang ada saat ini.

Iklan Google AdWords dan Facebook: Mana yang Harus Anda Gunakan?

Iklan Google AdWords dan Facebook adalah platform periklanan yang sangat hebat yang melayani hampir semua jenis bisnis. Saat mengevaluasi keunggulan dan potensi aplikasi masing-masing. Beberapa orang bersikeras untuk membandingkan Iklan Facebook dengan Google Display Network, dan sementara kedua platform tersebut berbagi beberapa kesamaan , cara kedua platform tersebut berevolusi secara independen satu sama lain Bahwa AdWords dan Facebook harus digunakan , dan tidak bertentangan.

Memanfaatkan kekuatan pencarian berbayar dan sosial berbayar adalah strategi periklanan yang sangat efektif. Namun, ini memerlukan strategi periklanan ganda yang sejalan dengan kekuatan masing-masing platform. Meskipun pengiklan konsisten di Google AdWords dan Facebook Ads, sangat penting untuk memahami cara terbaik untuk menggunakan setiap platform untuk ROI maksimum dan pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

Yang perlu diingat adalah :

AdWords membantu Anda menemukan pelanggan baru, sementara Facebook membantu pelanggan baru menemukan Anda.